iflegma IFLEGMA

C. Snouck Hurgronje - Jihad Sejarah Pergulatan Perang Suci Islam Dan Barat

Jihad Sejarah Pergulatan Perang Suci Islam Dan Barat C. Snouck Hurgronje
Rp50.000
ICD0300
Buku C. Snouck Hurgronje - Jihad Sejarah Pergulatan Perang Suci Islam Dan Barat

Buku ini diterbitkan oleh C. Snouck Hurgronje pada tahun 1915. Ia menyelidiki latar belakang, sifat, serta penyelewengan makna jihad yang dideklarasikan oleh Ottoman (Turki Utsmani) dan mendapatkan dukungan penuh dari Jerman pada Perang Dunia I.

Ditulis dengan fokus pada kepentingan Belanda di wilayah jajahan Hindia Timur, Hurgronje menyajikan analisis bahwa upaya Jerman dalam memanipulasi dan mengeksploitasi sentimen keagamaan umat Islam di Timur Tengah dan Asia Selatan merupakan bagian dari strategi untuk mendapatkan pengaruh politik dan ekonomi di kawasan tersebut, bukan demi tegaknya agama Islam di atas permukaan bumi.

Oleh karena itulah, Hurgronje menandai deklarasi jihad Ottoman-Jerman ini sebagai jihad made in Germany, bukan jihad made in Islam yang, menurutnya, alih-alih meninggikan doktrin Islam mengenai perang suci, tetapi justru telah mencoreng makna jihad yang sebenarnya. Buku ini merupakan karya sangat penting di bidang studi Islam dan hubungan internasional karena menyoroti interaksi yang kompleks antara agama, politik, dan imperialisme pada awal abad ke-20.

Harga 50.000
Judul: Jihad Sejarah Pergulatan Perang Suci Islam Dan Barat
Penulis: C. Snouck Hurgronje
Penerbit: Ircisod
Tahun Terbit: 2024
Halaman: 84 hlm.
Kategori: Studi
Kelas: Sejarah
ISBN: