iflegma IFLEGMA

Bacelius Ruru - Tiga Dekade Perjalanan Karier

Tiga Dekade Perjalanan Karier Bacelius Ruru
Rp450.000
GRA0863
Buku Bacelius Ruru - Tiga Dekade Perjalanan Karier

Buku Bacelius Ruru: Tiga Dekade Perjalanan Karier tidak sekadar berkisah tentang perjalanan seorang birokrat tetapi juga bisa menjadi referensi historis kebijakan pemerintah di bidang ekonomi dan keuangan sejak awal tahun 80-an hingga terbentuknya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ruru berada pada rantai sejarah yang terangkai ketika pemerintah mengeluarkan berbagai paket kebijakan deregulasi dan debirokratisasi yang mengubah kebijakan ekonomi nasional. Ia menjadi tokoh sentral yang mewakili pemerintah pada saat membahas Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, yang menjadi milestone pengembangan dan perkembangan pasar modal Indonesia hingga saat ini.

Bacelius Ruru adalah sumber yang kompeten untuk menceritakan sejarah BUMN pada umumnya, proses awal privatisasi, pembentukan holding company, restrukturisasi, termasuk sistem pembinaan dan pengawasan yang bersifat “dualisme” antara Departemen Keuangan dan Departemen Teknis.

Tonggak sejarah lainnya terjadi ketika ia mewakili pemerintah dalam menyusun dan menyelesaikan Undang-undang No 19 Tahun 2003 tentang BUMN yang menjadi dasar dan kewenangan Kementerian BUMN melaksanakan tugas, fungsi, dan kewenangannya. Termasuk dan tidak kalah pentingnya penerapan prinsip-prinsip good corporate governance di BUMN.

Harga 450.000
Judul: Tiga Dekade Perjalanan Karier
Penulis: Bacelius Ruru
Penerbit: Gramedia
Tahun Terbit: 2024
Halaman: 456 hlm.
Kategori: Biografi
Kelas: Sosial
ISBN: