iflegma IFLEGMA

Ahmed Al Dawoody - Hukum Perang Islam

Hukum Perang Islam Ahmed Al Dawoody
Rp80.000
KPG0151
Buku Ahmed Al Dawoody - Hukum Perang Islam

eraturan perang Islam merujuk kepada apa yang telah diterima dalam syariah (hukum Islam) dan fiqih (ilmu hukum Islam) oleh para ulama (cendekiawan Islam) sebagai cara yang benar dalam Islam yang harus dipatuhi oleh para Muslim dalam ketika sedang berperang.

Perang dan konflik telah mewarnai semua periode sejarah. Agama dan peradaban Islam pun menyikapinya dengan mengajukan berbagai aturan hukum terkait, berdasarkan sumber-sumber utama Islam (al Qur’an dan hadis) dan ijtihad para ulama.

Ahmed al-Dawoody, Penasehat Hukum dan Yurisprudensi Islam di Komite Internasional Palang Merah (ICRC), mengupas kajiannya dalam buku “Hukum Perang Islam”.

Din Syamsudin, mantan ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam kata pengantarnya menyebut buku “Hukum Perang Islam” sebagai karya yang sungguh langka dalam kesarjanaan hukum Islam.

Ahmed al-Dawoody, penulisnya, menurut Din, merupakan sosok yang mampu menggabungkan apresiasi tinggi terhadap khazanah keilmuan klasik Islam dan wawasan tentang hukum perang modern yang tertuang dalam Konvensi-konvensi Jenewa yang disebut Hukum Humaniter Internasional.

“Saya bangga dapat membaca dan diminta memberikan pengantar atas karya ulama Al-Azhar yang memperoleh gelar doktornya di Universitas Birmingham Inggris ini. Karena di dalam buku ini terdapat mutiara terpendam…,” ujarnya.

Harga 80.000
Judul: Hukum Perang Islam
Penulis: Ahmed Al Dawoody
Penerbit: KPG
Tahun Terbit: 2019
Halaman: 480 hlm.
Kategori: Esai
Kelas: Agama
ISBN: