iflegma IFLEGMA

Bulan Nurguna - Satu Keluarga Telah Lengkap

Satu Keluarga Telah Lengkap Bulan Nurguna
Rp50.000
BSI0457
Buku Bulan Bulan Nurguna - Satu Keluarga Telah Lengkap

Saya kerap memosisikan diri saya di luar diri saya; menonton diri saya sedang terlibat dalam suatu peristiwa. Cara tersebut saya gunakan untuk memberi jarak antara peristiwa dan emosi. Dengan begitu, saya lebih bisa melihat peristiwa tersebut dengan sudut pandang paling praktis, yaitu sudut pandang ekonomi.

Para tokoh dalam buku ini saya bangun berdasarkan motif-motif ekonomi: tawar-menawar, pengelolaan sumber daya, sistem yang merugikan dan menguntungkan, kepentingan tiap pribadi untuk memenuhi kebutuhannya—materi, kekuasaan, emosi, penghargaan sosial, tipping, atau pemberian nilai lebih dari satu pihak ke pihak lain—yang tak jarang berlangsung dalam rupa tipu-menipu.

Cerpen-cerpen dalam buku ini berisi manusia-manusia yang bertahan dalam absurditas modernisme: saat diri manusia begitu butuh pegangan yang kuat, namun di waktu yang sama, cara bertahan yang tersedia hanyalah dengan menjadi pragmatis.

Bulan Nurguna

Bulan Nurguna, salah satu penulis yang aktif di komunitas Akar pohon, Lombok, menelurkan pikiran-pikiran ideologisnya dalam bentuk fiksi. Kemasan yang ia pakai begitu halus sehingga ide-ide yang dibawanya sampai kepada pembaca dalam rupa kepiluan, kelucuan, dan bahkan keambiguan.

Harga 50.000
Judul: Satu Keluarga Telah Lengkap
Penulis: Bulan Bulan Nurguna
Penerbit: Basabasi
Tahun Terbit: 2022
Halaman: 132 hlm.
Kategori: Cerpen
Kelas: Sastra
ISBN: